Tutorial Ganti LCD Vivo Y12s

ID • 3 months ago • 9 min read • 834 views
Tutorial Ganti LCD Vivo Y12s

Tutorial Ganti LCD Vivo Y12s

id9 min read • 834 views

Tutorial Ganti LCD Vivo Y12s

vivo Y 12s

Dalam era teknologi yang terus berkembang, kemampuan untuk melakukan perbaikan atau penggantian perangkat sendiri menjadi suatu keahlian yang semakin bernilai. Salah satu tantangan umum yang mungkin dihadapi oleh pengguna ponsel adalah kerusakan pada layar LCD. Untuk pemilik Vivo Y12s, perangkat yang cukup populer, mengganti LCD mungkin tampak rumit, tetapi dengan panduan yang tepat, proses tersebut dapat menjadi lebih mudah. Artikel ini akan menyajikan panduan langkah demi langkah yang lengkap untuk membantu pemilik Vivo Y12s mengganti LCD perangkat mereka sendiri. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan pengguna dapat melakukan perbaikan sendiri tanpa harus bergantung pada layanan profesional, memberikan pengalaman yang memuaskan dan menghemat biaya perbaikan.

 

Alat-alat Yang Perlu Disiapkan

 Panduan Lengkap Mengganti LCD Vivo Y12s: Memulai dengan Persiapan yang Tepat

Pertama-tama, sebelum memulai proses penggantian LCD pada Vivo Y12s, ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan. Dengan memiliki semua peralatan yang diperlukan, penggantian LCD dapat dilakukan dengan lebih lancar dan efisien. Berikut adalah daftar persiapan yang perlu disiapkan:

Baca Juga : Atasi Hp Kena Virus

  1. Pemanas Blower

   Pastikan untuk memiliki pemanas blower yang berkualitas. Pemanas ini akan digunakan untuk membantu membuka bagian belakang ponsel dengan aman tanpa merusak komponen lainnya.

 

  1. Plastik Mika

   Gunakan plastik mika untuk membantu membuka backdoor atau bagian belakang ponsel. Plastik ini akan membantu mengurangi risiko kerusakan pada bagian yang terbuka.

 

  1. Lem Double Tip

   Lem double tip sangat penting untuk membuka backdoor. Pastikan lem ini dalam kondisi baik dan siap digunakan untuk memudahkan proses pelepasan.

 

  1. Plastik Spudger

   Plastik spudger adalah alat yang berguna untuk membantu melepas baterai dan bagian-bagian lainnya dengan hati-hati tanpa merusak komponen.

 

  1. LCD Baru (dengan Logo Sinstar)

   Pastikan untuk memperoleh LCD pengganti yang sesuai dengan model Vivo Y12s. Pilih LCD yang dilengkapi dengan logo Sinstar untuk memastikan kualitas yang baik.

 

  1. Lem Hitam dan Bening

   Lem hitam dan bening digunakan untuk menempelkan LCD baru pada frame ponsel. Pastikan keduanya tersedia untuk memberikan hasil penempelan yang kuat dan estetis.

 

  1. Solas

   Solas digunakan untuk penjepitan akhir setelah pemasangan LCD. Solas lebih disukai daripada karet karena memberikan hasil penjepitan yang lebih rapi tanpa merisiko kerusakan pada LCD baru.

 

Dengan semua alat dan bahan ini siap, pengguna dapat melangkah ke langkah-langkah berikutnya dalam mengganti LCD Vivo Y12s dengan lebih percaya diri dan efisien. Selanjutnya, kita akan membahas secara rinci setiap langkah yang diperlukan untuk sukses dalam penggantian LCD.

Jangan Lupa Baca : Atasi Hp Lupa Pasword

Langkah 1: Pemanasan Backdoor dengan Blower

Proses penggantian LCD pada Vivo Y12/Y20 dimulai dengan langkah kritis, yaitu memanaskan backdoor menggunakan blower. Langkah ini sangat penting untuk memastikan pelepasan backdoor berjalan dengan mulus dan tanpa merusak komponen ponsel.

Sebelum memulai pemanasan, pastikan bahwa kondisi LCD Vivo Y12/Y20 dalam keadaan mati untuk menghindari risiko kerusakan akibat panas berlebih. Setelah memastikan hal tersebut, persiapkan pemanas blower dengan menyesuaikan suhunya agar sesuai dengan kebutuhan proses.

Selanjutnya, periksa kondisi backdoor dan pastikan tidak ada elemen lain yang dapat terpengaruh negatif oleh panas. Gunakan blower dengan hati-hati, arahkan panasnya secara merata pada bagian belakang ponsel, fokus pada area sekitar backdoor yang seringkali cenderung terkelupas.

Pemanasan harus dilakukan dengan kehati-hatian ekstra. Pastikan untuk tidak menyentuh layar atau bagian-bagian sensitif lainnya selama proses ini. Tujuan utama pemanasan adalah membuat lem yang menahan backdoor menjadi lebih lunak, mempermudah pelepasan.

Selama proses pemanasan, perhatikan dengan seksama dan pastikan tidak memberikan panas terlalu lama pada satu titik tertentu. Pengguna dapat memeriksa keseimbangan panas dengan menyentuh bagian belakang ponsel secara lembut. Jika backdoor terasa lunak atau lebih fleksibel, itu menandakan bahwa proses pemanasan sudah mencukupi.

Dengan backdoor yang sudah dipanaskan secara optimal, kita dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya untuk membuka backdoor dengan hati-hati. Pastikan untuk tetap berhati-hati agar tidak merusak bagian lain dari ponsel selama proses ini. Proses pemanasan yang tepat menjadi kunci sukses dalam tahap awal penggantian LCD pada Vivo Y12/Y20.

 

Langkah 2: Penggunaan Plastik Mika untuk Membuka Backdoor

Setelah berhasil memanaskan backdoor dengan blower, kita beralih ke langkah selanjutnya yang melibatkan penggunaan plastik mika untuk membuka backdoor secara perlahan dan menghindari kerusakan lebih lanjut pada ponsel.

Plastik mika, sebagai alat yang tidak abrasive, menjadi pilihan tepat untuk proses ini. Kebersihan dan keutuhan plastik mika yang digunakan harus diutamakan agar tidak menimbulkan risiko terhadap komponen ponsel. Mulailah proses ini dengan menempatkan ujung plastik mika di sudut atau sisi backdoor yang paling mudah diakses.

Dengan hati-hati, gerakkan plastik mika untuk merenggangkan perlahan bagian antara backdoor dan frame ponsel. Proses ini memerlukan kejelian agar tidak merusak casing atau bagian internal ponsel. Pastikan tekanan yang diterapkan merata dan kontrol gerakan plastik mika agar tidak terlalu agresif.

Setelah berhasil merenggangkan sebagian area, pindahkan plastik mika ke sisi lain backdoor dan ulangi proses yang sama. Berlanjut secara bertahap hingga seluruh bagian backdoor terlepas dari frame ponsel. Selama proses pembukaan, perhatikan dengan seksama untuk mendeteksi apakah ada tanda-tanda ketidaknormalan atau kerusakan pada casing atau komponen lainnya.

Proses ini membutuhkan kehati-hatian dan kesabaran agar backdoor terbuka tanpa menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan. Dengan berhasil membuka backdoor, kita melangkah ke tahap selanjutnya dalam penggantian LCD Vivo Y12/Y20.

 

Langkah 3: Bongkar Bagian Mesin dan Angkat Baterai

Setelah berhasil membuka backdoor dengan cermat, langkah berikutnya adalah membongkar bagian mesin dan mengangkat baterai dengan hati-hati. Pada tahap ini, kehati-hatian menjadi kunci utama agar tidak merusak komponen krusial dalam ponsel.

Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa ponsel dalam keadaan mati dan baterai dapat dilepaskan dengan aman. Proses ini dimulai dengan melepaskan baterai tanpa merusaknya. Penting untuk tidak mencongkel baterai menggunakan alat yang bisa merusak konektor atau bagian baterai itu sendiri. Cukup tarik bagian plastiknya dengan perlahan agar baterai terlepas tanpa risiko kerusakan.

Setelah baterai berhasil dilepaskan, langkah selanjutnya adalah membongkar bagian mesin ponsel. Gunakan alat yang sesuai, seperti spudger plastik, untuk membuka klip atau konektor yang menghubungkan bagian mesin. Penting untuk melakukannya dengan kehati-hatian agar tidak merusak komponen yang terkoneksi.

Selama proses ini, perhatikan kondisi komponen lainnya. Periksa instalasi kabel, Pastikan tidak ada kabel yang terputus atau rusak. Seiring dengan membongkar bagian mesin, periksa kebersihan area kerja dan pastikan tidak ada debu atau partikel kecil yang dapat mengganggu saat pemasangan komponen baru.

Dengan melalui langkah-langkah ini secara hati-hati, kita memastikan bahwa baterai dilepaskan dengan aman dan bagian mesin dapat dibongkar tanpa risiko kerusakan. Proses ini membuka jalur yang tepat untuk penggantian LCD Vivo Y12/Y20, memastikan perbaikan dilakukan dengan presisi dan tanpa masalah yang tidak diinginkan.

 

Langkah 4: Pembersihan Sisa Lem dan Lamp di Frame

Setelah membongkar bagian mesin dan mengangkat baterai, langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa-sisa lem dan lamp yang mungkin masih menempel di frame ponsel. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak frame atau bagian lainnya. Bersihkan sisa-sisa lem dengan alat yang tepat, seperti spudger plastik atau kain lembut, untuk memastikan area kerja bersih dari residu yang dapat mengganggu pemasangan komponen baru.

 

Langkah 5: Pengecekan dan Pemasangan LCD Baru

Sebelum melanjutkan ke proses pemasangan LCD baru, lakukan pengecekan terhadap sentuhan dan gambar pada LCD tersebut. Pastikan LCD baru tidak memiliki cacat dan berfungsi dengan baik. Proses ini penting untuk memastikan bahwa penggantian LCD akan memberikan hasil optimal tanpa masalah yang mungkin muncul.

 

Langkah 6: Pengeleman LCD Baru dengan Lem Hitam dan Bening

Pada tahap ini, kita akan melakukan pemasangan LCD baru dengan menggunakan dua jenis lem berbeda, yaitu lem hitam untuk bagian depan dan lem bening untuk bagian belakang LCD. Penggunaan dua jenis lem ini memiliki keuntungan dalam memberikan hasil yang lebih rapi dan estetis.

Gunakan lem hitam pada bagian depan LCD, sesuai dengan warna frame atau bezel ponsel. Sementara itu, lem bening digunakan pada bagian belakang LCD untuk memastikan pemasangan yang kuat dan presisi. Proses ini membantu mendapatkan hasil akhir yang bersih dan profesional, memberikan tampilan ponsel yang seperti baru.

Dengan melalui langkah-langkah ini dengan hati-hati, proses penggantian LCD Vivo Y12/Y20 dapat dilakukan dengan presisi dan memastikan bahwa ponsel akan berfungsi optimal setelah perbaikan.

 

Langkah 7: Gunakan Solas untuk Penjepitan

Setelah melakukan pemasangan LCD baru, gunakan Solas tanpa karet untuk melakukan penjepitan. Penggunaan Solas tanpa karet memberikan keunggulan dalam penjepitan yang lebih rapi dan aman terhadap LCD baru. Pastikan untuk melakukan penjepitan secara merata di seluruh bagian, memastikan bahwa LCD terpasang dengan kuat dan presisi.

 

Langkah 8: Pengetesan Setelah Pemasangan

Setelah proses pengeleman selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pengetesan fungsi sentuh dan gambar pada LCD yang baru dipasang. Pastikan bahwa sentuhan berjalan lancar dan gambar ditampilkan dengan jelas. Proses pengetesan ini krusial untuk memastikan bahwa penggantian LCD memberikan hasil yang memuaskan dan ponsel dapat digunakan seperti semula.

 

Dalam hal ditemukan masalah atau ketidakpuasan setelah pengetesan, pastikan untuk mengetahui penyebabnya. Apabila masalah terkait dengan LCD baru atau pemasangan, Anda memiliki opsi untuk mengembalikan atau melakukan retur LCD sebelum melanjutkan proses pengeleman akhir. Hal ini membantu memastikan bahwa ponsel yang diperbaiki memiliki kualitas yang optimal dan bebas dari masalah teknis.

 

Series: Handphone
  1. TutorialL: Memperbaiki Handphone Realme C11 Muncul Dm Verity Corruption
  2. Tutorial: Solusi Mudah Atasi Realme C11 Recovery mode
  3. 10+ Tips Mudah Memperbaiki Ponsel yang Tidak Connect ke WiFi
  4. Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang di Android
  5. 3 Tips Mudah Atasi Android Bootloop
  6. Cara Rahasia Membersihkan HP untuk Menghindari Kerusakan
  7. Cara Ampuh Mengatasi Overheating Pada Ponsel
  8. Penyebab dan Cara Atasi Hp Vivo Mentok Logo
  9. Tips Mudah Cek IMEI iPhone
  10. 10+ Cara Mengoptimalkan Koneksi Jaringan di Android, Dijamin Ngebut!
  11. 8 Tips Atasi Ponsel Mati Sendiri, Cek disini!
  12. Cara Mudah Membuat Live Wallpaper di Ponsel Android dan Iphone
  13. Cara Memperbaiki Hp Mati Total Batrai Tanam
  14. Cara Memperbaiki Speaker Hp Rusak Kemasukan Air
  15. 8 Cara Memperbaiki Iphone Restart Sendiri
  16. CARA MEMPERBAIKI TOMBOL POWER HP ANDROID YANG RUSAK
  17. CARA MEMPERBAIKI COLOKAN HP YANG RUSAK
  18. CARA MEMPERBAIKI KARTU SD RUSAK DI HP XIAOMI
  19. CARA MEMPERBAIKI KAMERA HP YANG RUSAK KARENA JATUH
  20. CARA MEMPERBAIKI MESIN HP RUSAK
  21. Tutorial Ubah Foto Jadi Teks Di Hp iPhone
  22. Cara Atasi Vivo Y71 Lupa Password dan Bypass Akun Google
  23. Tutorial Atasi Hp Susah Cari Sinyal
  24. Cara Atasi Smartphone Yang Terkena Virus
  25. Tutorial Menonton TV tanpa Internet Di Hp
  26. Cara Atasi Baterai Hp Yang Tidak Nambah Saat Di Charge
  27. Tutorial Membuat Banyak Email Hanya dari 1 Hp
  28. Tutorial Ganti LCD Vivo Y12s
  29. Tutorial Atasi Infinix Smart 4 Hanya Muncul Logo Charge
  30. Tips Perbaikan Realme C3: Mengatasi Notifikasi DM Variety
  31. Langkah Mudah Mengatasi Masalah Realme C1 yang Terjebak di Recovery Mode
  32. Rekomendasi 4 Software Untuk Membuat Aplikasi Android
  33. Tutorial Atasi Infinix Smart 6 Plus Lupa Akun Google
  34. Tutorial Bypass Akun Google di Samsung J2 Prime (SM-G532)
  35. Tips Memperbaiki Poco M3 Pro 5G Stuck Di Logo Baterai
  36. Cara Memperbaiki Samsung A03 Core
  37. Tips Service Redmi Note 8 Pro Restart Terus Menerus
  38. Tips Sebelum Melakukan Service Hp
  39. Cara Service Asus Rog Phone 5S Mati Total
  40. Cara Membuka Infinix Smart 6 Plus Lupa Akun Google
  41. Pengertian dan Manfaat IMEI Pada Smartphone
  42. Rekomendasi 4 Smart Gadget Untuk Bayi
  43. Cara Mengatasi Masalah Wireless Charging Pada iPhone
  44. Apa Itu Rooting Hp? Yuk, Kenali Lebih Dekat!
  45. Tips Service Hp Untuk Pemula Untuk Bagian Hardware
  46. Tutorial Lengkap: Memperbaiki Masalah Sinyal pada Oppo A53 2020
  47. Peralatan-Peralatan Yang Diperlukan Untuk Service HP
  48. Tutorial Mendalam: Cara Memperbaiki HP Poco X3 Pro Mati Total
  49. 6 Jenis Kerusakan Yang Paling Sering Dialami Handphone
  50. Tutorial Servis HP: Mengganti LCD Infinix Hot 10 Play
  51. Tutorial Servis HP: Mengatasi Restart pada Redmi Note 11
  52. Tutorial Servis HP: Mengatasi Redmi 9T Mati Total
Published on March 16, 2024
Last updated on July 16, 2024

If you like this post and want to support us, you can support us via buymeacoffee or trakteer.