Laravel Midtrans: Mulai dengan Installasi Laravel

Laravel Midtrans: Mulai dengan Installasi Laravel

id4 min read • 5518 views

Laravel Midtrans - Pengembangan aplikasi web modern saat ini tidak lengkap tanpa adanya fitur pembayaran online yang aman dan efisien. Dalam upaya untuk menyediakan pengalaman pembayaran yang baik bagi pengguna, penggunaan payment gateway menjadi sangat penting. Midtrans adalah salah satu provider payment gateway terkemuka di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan pembayaran online untuk bisnis online.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana melakukan integrasi Midtrans Payment Gateway di Laravel, salah satu framework PHP paling populer untuk pengembangan aplikasi web.

Apa itu Midtrans Payment Gateway?

Midtrans adalah sebuah perusahaan fintech Indonesia yang menyediakan layanan payment gateway untuk melakukan transaksi pembayaran secara online. Midtrans memungkinkan bisnis online untuk menerima pembayaran menggunakan berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, dan berbagai metode pembayaran online lainnya. Dengan dukungan teknologi yang canggih dan keamanan yang tinggi, Midtrans menjadi pilihan yang tepat untuk memproses pembayaran di situs web Anda.

Mengapa Memilih Laravel? Sebelum membahas integrasi Midtrans di Laravel, penting untuk mengetahui mengapa Laravel merupakan pilihan yang populer untuk pengembangan aplikasi web.

  1. Struktur Kode yang Bersih: Laravel menawarkan struktur kode yang terorganisir dengan baik, sehingga memudahkan pengembang untuk memahami dan memodifikasi kode.

  2. Dokumentasi Lengkap: Laravel memiliki dokumentasi yang kaya dan komprehensif, yang membantu pengembang dalam memahami fitur-fitur yang tersedia dan cara menggunakannya.

  3. MVC Architecture: Laravel mengikuti pola desain MVC (Model-View-Controller), yang memisahkan logika bisnis dari tampilan, sehingga memungkinkan pengembangan yang lebih terstruktur dan terkelola dengan baik.

  4. Fitur-fitur yang Kuat: Laravel dilengkapi dengan berbagai fitur bawaan, seperti sistem routing yang kuat, ORM (Object-Relational Mapping), sistem migrasi database, dan lain-lain, yang mempercepat proses pengembangan.

Persiapan sebelum Instalasi

Sebelum memulai instalasi Laravel, pastikan bahwa komputer teman-teman telah memenuhi persyaratan sistem yang dibutuhkan:

  1. Composer: Pastikan telah menginstal Composer, PHP package manager, di sistem kita. Teman-teman bisa mendapatkannya dari situs resmi https://getcomposer.org/.

  2. PHP: Laravel versi 10 membutuhkan PHP versi 8.2 atau yang lebih baru.

  3. Web Server: Kita memerlukan web server seperti Apache, Nginx, atau Caddy untuk menjalankan aplikasi Laravel.

  4. Database: Pastikan telah memiliki database yang telah diinstal, seperti MySQL, PostgreSQL, atau SQLite. Pastikan juga untuk membuat database kosong yang akan digunakan untuk proyek Laravel.

Langkah-langkah Instalasi Laravel

Setelah memenuhi persyaratan di atas, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal Laravel:

Step 1: Instal Laravel Menggunakan Laravel Installer

Buka terminal atau command prompt pada sistem, lalu ketik perintah berikut untuk menginstal Laravel menggunakan Laravel Installer:

laravel new laravel-midtrans

Step 2: Menjalankan Aplikasi

Setelah proyek Laravel berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi. Pindah ke direktori proyek dengan perintah:

cd laravel-midtrans

Selanjutnya, Kita perlu memulai Laravel development server dengan perintah:

php artisan serve

Aplikasi Laravel Kita sekarang akan berjalan di development server dan dapat diakses melalui alamat http://localhost:8000 pada browser.

Step 3: Konfigurasi Database

Sebagian besar aplikasi web membutuhkan koneksi database. Untuk mengkonfigurasi database pada Laravel, buka file .env di dalam direktori proyek laravel. Di sana, kita akan menemukan pengaturan database:

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=laravel_midtrans
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=

Gantilah nilai-nilai di atas sesuai dengan konfigurasi database yang teman-teman miliki.

Selamat! Anda Telah Sukses Menginstal Laravel

Sekarang kita telah berhasil menginstal Laravel dan siap untuk memulai tutorial integrasi Midtrans di Laravel. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya 👋

Series: Integrasi Midtrans Payment Gateway di Laravel
Published on August 06, 2023
Last updated on June 21, 2024

If you like this post and want to support us, you can support us via buymeacoffee or trakteer.