CARA MEMPERBAIKI KARTU SD RUSAK DI HP XIAOMI

CARA MEMPERBAIKI KARTU SD RUSAK DI HP XIAOMI

id7 min read • 938 views

CARA MEMPERBAIKI KARTU SD RUSAK DI HP XIAOMI

Kartu SD

Kartu SD, atau Secure Digital, adalah sebuah format kartu memori yang digunakan secara luas dalam berbagai perangkat elektronik. Kartu SD pertama kali diperkenalkan oleh SD Card Association pada tahun 1999 dan telah berkembang menjadi berbagai tipe dan kapasitas sejak saat itu. 

Berikut adalah beberapa karakteristik utama kartu SD:

  1. Ukuran Fisik yang Kecil: Kartu SD memiliki ukuran fisik yang kecil, menjadikannya pilihan yang ideal untuk perangkat elektronik yang memiliki keterbatasan ruang, seperti ponsel pintar, kamera digital, dan perangkat GPS.
  2. Berbagai Kapasitas: Kartu SD tersedia dalam berbagai kapasitas penyimpanan, mulai dari beberapa megabita hingga puluhan terabita. Kapasitas kartu SD umumnya ditunjukkan dalam gigabita (GB) atau terabita (TB). 
  3. Kecepatan Transfer Data yang Beragam: Kartu SD memiliki berbagai kelas kecepatan yang menunjukkan kemampuannya dalam mentransfer data. Kelas kecepatan umumnya ditandai dengan simbol "C" diikuti oleh angka. Misalnya, kelas 4, kelas 10, dan UHS Speed Class 1 (U1) adalah beberapa kelas kecepatan yang umum. 
  4. Kompatibilitas dengan Banyak Perangkat: Kartu SD dapat digunakan dengan berbagai perangkat elektronik, termasuk ponsel pintar, kamera digital, tablet, perangkat GPS, dan banyak lagi. Banyak perangkat modern mendukung slot kartu SD untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Kemampuan untuk 
  5. Menyimpan Data Secara Aman: Kartu SD memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai jenis data, seperti foto, video, musik, dan aplikasi. Beberapa kartu SD bahkan dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, seperti proteksi tertulis (write protection) untuk mencegah penghapusan data yang tidak disengaja. Penting untuk memperhatikan spesifikasi dan kebutuhan perangkat Anda ketika memilih kartu SD, seperti kapasitas yang diperlukan dan kelas kecepatan yang mendukung kebutuhan transfer data perangkat.

Baca Juga : Memperbaiki Socket Pengisi Daya

Namun, ada beberapa kendala yang sering terjadi pada kartu SD, terutama bagi pengguna smartphone tipe xiaomi. 

Faktor Penyebab Kartu SD Rusak

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan kartu SD rusak meliputi: 

  1. Pemakaian yang Intensif: Penggunaan yang intensif, seperti seringnya menulis dan menghapus data dari kartu SD, dapat menyebabkan wear dan tear yang mempengaruhi kinerjanya. Semakin sering kartu SD digunakan, semakin cepat umur pakainya, dan ini dapat menyebabkan kerusakan seiring waktu. 
  2. Penyimpanan yang Tidak Aman: Penyimpanan kartu SD di tempat yang tidak aman atau rentan terhadap panas, kelembaban, atau perubahan suhu ekstrem dapat merusak kartu tersebut. Keadaan lingkungan yang ekstrim dapat menyebabkan kerusakan fisik atau kerusakan pada sirkuit internal kartu SD.
  3. Pemutusan Listrik yang Tidak Terduga: Matikan perangkat atau mencabut kartu SD saat sedang membaca atau menulis data dapat menyebabkan kerusakan pada file sistem dan mengakibatkan kartu SD menjadi tidak dapat diakses atau rusak. 
  4. Virus atau Malware: Meskipun jarang terjadi, kartu SD dapat terinfeksi oleh virus atau malware yang dapat merusak file atau bahkan merusak struktur file sistem kartu tersebut. 
  5. Penggunaan di Berbagai Perangkat: Penggunaan kartu SD di berbagai perangkat elektronik yang tidak kompatibel atau tidak mendukung format file yang sama dapat menyebabkan kerusakan file atau masalah keterbacaan oleh perangkat lain. 
  6. Kerusakan Fisik: Pemakaian yang kasar, jatuh, atau terinjak-injak dapat menyebabkan kerusakan fisik pada kartu SD. Kontak yang rusak atau patah dapat menghambat koneksi dan mengakibatkan ketidakmampuan membaca atau menulis data. 
  7. Umur Pakai (Endurance): Kartu SD memiliki batas umur pakai, yang dapat diukur dalam jumlah siklus baca-tulis. Setelah mencapai batas ini, kartu SD mungkin mulai mengalami masalah dan kegagalan. 
  8. Pembelian Kartu SD Palsu atau Tidak Berkualitas: Kartu SD palsu atau yang tidak berkualitas seringkali memiliki daya tahan dan keandalan yang rendah. Pembelian kartu SD dari sumber terpercaya dan memilih merek yang dikenal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan. Penting untuk merawat kartu SD dengan baik dan memperlakukannya sesuai dengan petunjuk penggunaan agar dapat memperpanjang umur pakainya. Jika kartu SD mengalami masalah, mencadangkan data secara teratur dan menjaga kondisi fisik kartu dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut.

Jangan Lupa Baca : Memperbaiki Tombol Power HP

Tips Langkah Memperbaiki Kartu SD 

Jika kartu SD Anda mengalami kerusakan di HP Xiaomi, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya: 

  1. Pindahkan Data: Sebelum melakukan perbaikan, pastikan untuk memindahkan data penting dari kartu SD ke perangkat lain atau komputer. Ini akan melindungi data Anda dari hilang selama proses perbaikan. 
  2. Cek Fisik Kartu SD: Periksa apakah ada kerusakan fisik pada kartu SD, seperti patah atau penyok. Jika ada, itu bisa menjadi penyebab masalah. Jika kerusakan terlihat parah, pertimbangkan untuk mengganti kartu SD dengan yang baru. 
  3. Gunakan Komputer untuk Memeriksa Kartu SD: Colok kartu SD ke komputer menggunakan pembaca kartu eksternal. Gunakan fitur pemindaian dan perbaikan bawaan pada sistem operasi komputer untuk mencoba memperbaiki sektor yang rusak pada kartu SD. 
  4. Format Kartu SD: Jika pembacaan kartu SD masih bermasalah, pertimbangkan untuk memformat kartu SD. Namun, perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada di kartu SD. Anda dapat memformat melalui pengaturan di HP Xiaomi atau melalui komputer. Pastikan untuk memilih format yang sesuai dengan sistem file kartu SD (biasanya FAT32 atau exFAT). 
  5. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data: Jika data penting telah hilang setelah memformat, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu memulihkan data yang hilang dari kartu SD yang telah diformat. Periksa dengan Aplikasi Pihak Ketiga: Instal aplikasi pihak ketiga seperti SD Insight untuk memeriksa keaslian dan keandalan kartu SD. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengetahui apakah kartu SD Anda asli atau palsu. 
  6. Gunakan Command Prompt (CMD) di Komputer: Anda dapat menggunakan Command Prompt di komputer untuk memperbaiki kartu SD. Jalankan CMD sebagai administrator, lalu ketik perintah "chkdsk /f [drive letter]:" (misalnya, chkdsk /f E:). Perintah ini akan memeriksa dan memperbaiki sektor yang rusak. 
  7. Bawa ke Layanan Pemulihan Data Profesional: Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, dan data Anda sangat penting, Anda mungkin perlu membawa kartu SD ke layanan pemulihan data profesional. Mereka memiliki peralatan khusus dan keahlian untuk mengembalikan data dari kartu SD yang rusak. Perlu diingat bahwa tidak semua masalah kartu SD dapat diperbaiki, terutama jika ada kerusakan fisik yang signifikan. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, pertimbangkan untuk mengganti kartu SD yang rusak dengan yang baru.

Series: Handphone
  1. TutorialL: Memperbaiki Handphone Realme C11 Muncul Dm Verity Corruption
  2. Tutorial: Solusi Mudah Atasi Realme C11 Recovery mode
  3. 10+ Tips Mudah Memperbaiki Ponsel yang Tidak Connect ke WiFi
  4. Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang di Android
  5. 3 Tips Mudah Atasi Android Bootloop
  6. Cara Rahasia Membersihkan HP untuk Menghindari Kerusakan
  7. Cara Ampuh Mengatasi Overheating Pada Ponsel
  8. Penyebab dan Cara Atasi Hp Vivo Mentok Logo
  9. Tips Mudah Cek IMEI iPhone
  10. 10+ Cara Mengoptimalkan Koneksi Jaringan di Android, Dijamin Ngebut!
  11. 8 Tips Atasi Ponsel Mati Sendiri, Cek disini!
  12. Cara Mudah Membuat Live Wallpaper di Ponsel Android dan Iphone
  13. Cara Memperbaiki Hp Mati Total Batrai Tanam
  14. Cara Memperbaiki Speaker Hp Rusak Kemasukan Air
  15. 8 Cara Memperbaiki Iphone Restart Sendiri
  16. CARA MEMPERBAIKI TOMBOL POWER HP ANDROID YANG RUSAK
  17. CARA MEMPERBAIKI COLOKAN HP YANG RUSAK
  18. CARA MEMPERBAIKI KARTU SD RUSAK DI HP XIAOMI
  19. CARA MEMPERBAIKI KAMERA HP YANG RUSAK KARENA JATUH
  20. CARA MEMPERBAIKI MESIN HP RUSAK
  21. Tutorial Ubah Foto Jadi Teks Di Hp iPhone
  22. Cara Atasi Vivo Y71 Lupa Password dan Bypass Akun Google
  23. Tutorial Atasi Hp Susah Cari Sinyal
  24. Cara Atasi Smartphone Yang Terkena Virus
  25. Tutorial Menonton TV tanpa Internet Di Hp
  26. Cara Atasi Baterai Hp Yang Tidak Nambah Saat Di Charge
  27. Tutorial Membuat Banyak Email Hanya dari 1 Hp
  28. Tutorial Ganti LCD Vivo Y12s
  29. Tutorial Atasi Infinix Smart 4 Hanya Muncul Logo Charge
  30. Tips Perbaikan Realme C3: Mengatasi Notifikasi DM Variety
  31. Langkah Mudah Mengatasi Masalah Realme C1 yang Terjebak di Recovery Mode
  32. Rekomendasi 4 Software Untuk Membuat Aplikasi Android
  33. Tutorial Atasi Infinix Smart 6 Plus Lupa Akun Google
  34. Tutorial Bypass Akun Google di Samsung J2 Prime (SM-G532)
  35. Tips Memperbaiki Poco M3 Pro 5G Stuck Di Logo Baterai
  36. Cara Memperbaiki Samsung A03 Core
  37. Tips Service Redmi Note 8 Pro Restart Terus Menerus
  38. Tips Sebelum Melakukan Service Hp
  39. Cara Service Asus Rog Phone 5S Mati Total
  40. Cara Membuka Infinix Smart 6 Plus Lupa Akun Google
  41. Pengertian dan Manfaat IMEI Pada Smartphone
  42. Rekomendasi 4 Smart Gadget Untuk Bayi
  43. Cara Mengatasi Masalah Wireless Charging Pada iPhone
  44. Apa Itu Rooting Hp? Yuk, Kenali Lebih Dekat!
  45. Tips Service Hp Untuk Pemula Untuk Bagian Hardware
  46. Tutorial Lengkap: Memperbaiki Masalah Sinyal pada Oppo A53 2020
  47. Peralatan-Peralatan Yang Diperlukan Untuk Service HP
  48. Tutorial Mendalam: Cara Memperbaiki HP Poco X3 Pro Mati Total
  49. 6 Jenis Kerusakan Yang Paling Sering Dialami Handphone
  50. Tutorial Servis HP: Mengganti LCD Infinix Hot 10 Play
  51. Tutorial Servis HP: Mengatasi Restart pada Redmi Note 11
  52. Tutorial Servis HP: Mengatasi Redmi 9T Mati Total
Published on January 16, 2024
Last updated on July 16, 2024

If you like this post and want to support us, you can support us via buymeacoffee or trakteer.