Apa Itu Rooting Hp? Yuk, Kenali Lebih Dekat!

Apa Itu Rooting Hp? Yuk, Kenali Lebih Dekat!

id8 min read • 184 views

Apa Itu Rooting Hp? Yuk, Kenali Lebih Dekat!

Apa Itu Rooting Hp? Yuk, Kenali Lebih Dekat!

Kalau kamu pengguna ponsel Android, pasti pernah dengar istilah "root" atau "rooting". Tapi, mungkin nggak semua paham apa itu rooting dan apa manfaatnya. Jangan khawatir, di sini kita akan bahas secara santai apa itu rooting dan kenapa kamu mungkin tertarik untuk mencobanya. Let's dive in!

Apa Sih Rooting Itu ?

Rooting diambil dari kata "root" yang artinya akar. Nah, dalam dunia Android, rooting itu semacam memberikan kamu akses penuh ke "akar" dari sistem operasi ponselmu. Jadi, kamu bisa ngoprek-ngoprek ponselmu sesuka hati tanpa batasan dari pabriknya. Bayangin aja, kayak kamu punya kekuatan super untuk ngubah apa aja di ponselmu!

Dengan akses root, kamu bisa melakukan banyak hal yang sebelumnya nggak mungkin. Misalnya, kamu bisa menghapus aplikasi bawaan yang nggak bisa dihapus secara biasa, atau bahkan menginstal aplikasi yang memerlukan izin khusus yang biasanya diblokir oleh sistem. Ini memberikan kamu kebebasan lebih untuk mengatur dan menyesuaikan ponselmu sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupmu.

Namun, rooting juga berarti kamu harus lebih bertanggung jawab. Mengingat kamu sudah membuka akses yang lebih dalam ke sistem ponsel, kesalahan kecil saja bisa berdampak besar. Oleh karena itu, sebelum melakukan rooting, pastikan kamu benar-benar memahami apa yang kamu lakukan dan siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.

 

Baca Juga

 

Kenapa Sih Harus Rooting ?

Ada banyak banget manfaat yang bisa kamu dapetin dari rooting. Pertama, kamu punya akses penuh sebagai admin. Artinya, kamu bisa ngatur dan optimalkan ponselmu sesuai keinginan. Mulai dari ngubah tampilan sampai pasang aplikasi keren yang butuh izin root. Jadi, ponselmu bisa benar-benar sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.

Kedua, rooting memungkinkan kamu buat hapus bloatware. Banyak ponsel Android dilengkapi dengan banyak aplikasi bawaan (bloatware) yang sering kali nggak kamu butuhin. Aplikasi-aplikasi ini biasanya nggak bisa dihapus dengan cara biasa, tapi dengan rooting, kamu bisa menghapusnya dengan mudah. Hasilnya, ponselmu jadi lebih lega dan kinerjanya pun jadi lebih oke.

Ketiga, rooting bisa bikin ponselmu lebih ngebut, terutama buat kamu yang hobi main game. Dengan akses root, kamu bisa mengoptimalkan pemrosesan data biar lebih efisien. Misalnya, kamu bisa overclock CPU ponselmu biar lebih cepat, atau mematikan proses yang nggak perlu biar RAM lebih lega. Jadi, main game pun makin lancar tanpa lag, dan ponselmu bisa menjalankan aplikasi berat dengan lebih baik.

 

Akses Administrator Penuh

Dengan rooting, kamu punya akses penuh sebagai administrator sistem operasi. Ini nggak cuma tentang bisa ngubah tampilan atau pasang aplikasi khusus. Akses admin ini memberi kamu kendali penuh atas seluruh sistem ponsel. Kamu bisa mengubah pengaturan yang biasanya tersembunyi, atau bahkan menginstal custom ROM untuk pengalaman yang benar-benar baru.

Misalnya, kamu bisa mengakses file sistem yang sebelumnya tersembunyi. Ini memungkinkan kamu untuk mengedit file-file konfigurasi, atau bahkan menghapus aplikasi sistem yang nggak kamu butuhkan. Kamu juga bisa menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root untuk bekerja, seperti aplikasi backup yang lebih mendalam atau aplikasi kustomisasi yang lebih canggih.

Akses admin ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan ponselmu. Meskipun terdengar berlawanan, dengan akses root, kamu bisa menginstal aplikasi keamanan yang lebih canggih, atau bahkan mengaktifkan fitur-fitur keamanan yang biasanya nggak tersedia di ponsel biasa. Jadi, kamu bisa memastikan ponselmu aman dari ancaman yang mungkin terjadi.

 

Menghapus Bloatware

Salah satu keuntungan terbesar dari rooting adalah kamu bisa menghapus bloatware. Bloatware adalah aplikasi bawaan dari pabrik yang sering kali nggak kamu butuhkan. Aplikasi-aplikasi ini biasanya nggak bisa dihapus dengan cara biasa, dan hanya menghabiskan ruang penyimpanan serta sumber daya sistem.

Dengan rooting, kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi ini dengan mudah. Caranya, kamu hanya perlu menginstal aplikasi pengelola file yang memiliki akses root, dan menghapus aplikasi yang nggak kamu butuhkan. Hasilnya, ponselmu jadi lebih ringan dan cepat, karena nggak ada lagi aplikasi yang membebani sistem.

Selain itu, menghapus bloatware juga bisa membantu menghemat baterai. Banyak aplikasi bawaan yang terus berjalan di latar belakang, menguras daya baterai tanpa kamu sadari. Dengan menghapus aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa memperpanjang umur baterai ponselmu, sehingga kamu nggak perlu sering-sering ngecas.

 

Peningkatan Performa

Rooting juga bisa meningkatkan performa ponselmu secara signifikan. Salah satu caranya adalah dengan overclocking. Overclocking adalah proses meningkatkan kecepatan prosesor ponselmu di atas kecepatan standarnya. Dengan overclocking, ponselmu bisa menjalankan aplikasi dan game lebih cepat dan lancar.

Selain overclocking, kamu juga bisa mengoptimalkan penggunaan RAM. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan RAM, yang bisa membuat ponselmu jadi lambat. Dengan akses root, kamu bisa mematikan aplikasi-aplikasi ini atau mengatur prioritas penggunaan RAM, sehingga ponselmu bisa bekerja lebih efisien.

Dan yang nggak kalah penting, rooting memungkinkan kamu untuk menghapus bloatware dan aplikasi-aplikasi yang nggak perlu. Dengan mengurangi beban sistem, ponselmu bisa bekerja lebih cepat dan responsif. Jadi, nggak ada lagi lag atau hang saat kamu menjalankan aplikasi atau game berat.

 

Penyesuaian Lebih Lanjut

Suka ngoprek tampilan ponsel? Dengan rooting, kamu bisa mengubah hampir segala aspek dari tampilan dan antarmuka ponselmu. Mulai dari mengganti tema, ikon, hingga font, semua bisa kamu sesuaikan sesuai dengan selera. Bahkan, kamu bisa menginstal custom ROM yang mengubah keseluruhan sistem operasi menjadi lebih unik dan personal.

Custom ROM adalah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang dibuat oleh komunitas developer. Ada banyak pilihan custom ROM yang bisa kamu coba, masing-masing dengan fitur dan tampilan yang berbeda-beda. Dengan custom ROM, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang benar-benar baru dan berbeda dari Android standar.

Selain itu, dengan akses root, kamu bisa menginstal berbagai mod dan tweak yang nggak bisa dilakukan di ponsel non-root. Misalnya, kamu bisa menginstal Xposed Framework, yang memungkinkan kamu untuk mengubah berbagai aspek dari sistem operasi tanpa harus mengubah file sistem. Ini memberikan fleksibilitas lebih untuk mengkustomisasi ponselmu sesuai dengan kebutuhan.

 

Pemulihan Data

Pernah nggak sengaja hapus foto atau video penting? Jangan panik, dengan akses root, kamu bisa memulihkan file yang terhapus dengan lebih mudah. Aplikasi pemulihan data yang membutuhkan akses root bisa bekerja lebih efektif dalam mencari dan mengembalikan file yang hilang.

Akses root memungkinkan aplikasi pemulihan data untuk mengakses bagian terdalam dari sistem file. Ini berarti, aplikasi tersebut bisa mencari file yang sudah terhapus dan memulihkannya dengan lebih akurat. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi kehilangan data penting karena kesalahan atau ketidaksengajaan.

Selain itu, dengan akses root, kamu bisa membuat backup yang lebih lengkap dan aman. Banyak aplikasi backup yang membutuhkan akses root untuk bisa bekerja dengan maksimal. Dengan backup yang lebih baik, kamu bisa memastikan semua data pentingmu aman dan bisa dipulihkan kapan saja jika terjadi masalah.

 

Risiko Rooting Hp

Namun, penting untuk diingat bahwa rooting juga memiliki sejumlah risiko yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Pertama, banyak produsen ponsel yang membatalkan garansi jika perangkat telah di-root. Ini berarti kamu nggak bisa mengklaim garansi jika terjadi kerusakan setelah melakukan rooting.

Kedua, jika proses rooting tidak dilakukan dengan benar, ponsel bisa mengalami kerusakan sistem yang serius. Risiko ini termasuk perangkat menjadi tidak berfungsi atau mengalami bootloop, yaitu situasi di mana ponsel terus menerus restart tanpa masuk ke sistem operasi. Ini bisa sangat merepotkan dan membutuhkan waktu serta pengetahuan untuk memperbaikinya.

Ketiga, ponsel yang di-root lebih rentan terhadap malware dan ancaman keamanan lainnya. Akses root membuka lebih banyak celah bagi aplikasi berbahaya untuk mengeksploitasi sistem. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati dalam mengunduh dan menginstal aplikasi setelah ponsel di-root, serta selalu mengupdate sistem keamanan secara berkala.

 

Kesimpulan

Rooting ponsel Android menawarkan banyak keuntungan, mulai dari penghapusan bloatware hingga peningkatan performa dan kemampuan untuk melakukan penyesuaian lebih lanjut. Namun, manfaat ini datang dengan risiko yang harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Sebelum melakukan rooting, pastikan kamu telah melakukan penelitian mendalam, memahami prosesnya, dan mempertimbangkan baik manfaat maupun risikonya.

Dengan pemahaman yang tepat, kamu bisa membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Jika dilakukan dengan benar, rooting bisa membawa pengalaman baru yang menyenangkan dan meningkatkan fungsionalitas ponselmu. Jadi, apakah kamu siap untuk mengeksplorasi dunia rooting dan mengoptimalkan ponsel Androidmu? Happy rooting!

Series: Handphone
  1. TutorialL: Memperbaiki Handphone Realme C11 Muncul Dm Verity Corruption
  2. Tutorial: Solusi Mudah Atasi Realme C11 Recovery mode
  3. 10+ Tips Mudah Memperbaiki Ponsel yang Tidak Connect ke WiFi
  4. Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang di Android
  5. 3 Tips Mudah Atasi Android Bootloop
  6. Cara Rahasia Membersihkan HP untuk Menghindari Kerusakan
  7. Cara Ampuh Mengatasi Overheating Pada Ponsel
  8. Penyebab dan Cara Atasi Hp Vivo Mentok Logo
  9. Tips Mudah Cek IMEI iPhone
  10. 10+ Cara Mengoptimalkan Koneksi Jaringan di Android, Dijamin Ngebut!
  11. 8 Tips Atasi Ponsel Mati Sendiri, Cek disini!
  12. Cara Mudah Membuat Live Wallpaper di Ponsel Android dan Iphone
  13. Cara Memperbaiki Hp Mati Total Batrai Tanam
  14. Cara Memperbaiki Speaker Hp Rusak Kemasukan Air
  15. 8 Cara Memperbaiki Iphone Restart Sendiri
  16. CARA MEMPERBAIKI TOMBOL POWER HP ANDROID YANG RUSAK
  17. CARA MEMPERBAIKI COLOKAN HP YANG RUSAK
  18. CARA MEMPERBAIKI KARTU SD RUSAK DI HP XIAOMI
  19. CARA MEMPERBAIKI KAMERA HP YANG RUSAK KARENA JATUH
  20. CARA MEMPERBAIKI MESIN HP RUSAK
  21. Tutorial Ubah Foto Jadi Teks Di Hp iPhone
  22. Cara Atasi Vivo Y71 Lupa Password dan Bypass Akun Google
  23. Tutorial Atasi Hp Susah Cari Sinyal
  24. Cara Atasi Smartphone Yang Terkena Virus
  25. Tutorial Menonton TV tanpa Internet Di Hp
  26. Cara Atasi Baterai Hp Yang Tidak Nambah Saat Di Charge
  27. Tutorial Membuat Banyak Email Hanya dari 1 Hp
  28. Tutorial Ganti LCD Vivo Y12s
  29. Tutorial Atasi Infinix Smart 4 Hanya Muncul Logo Charge
  30. Tips Perbaikan Realme C3: Mengatasi Notifikasi DM Variety
  31. Langkah Mudah Mengatasi Masalah Realme C1 yang Terjebak di Recovery Mode
  32. Rekomendasi 4 Software Untuk Membuat Aplikasi Android
  33. Tutorial Atasi Infinix Smart 6 Plus Lupa Akun Google
  34. Tutorial Bypass Akun Google di Samsung J2 Prime (SM-G532)
  35. Tips Memperbaiki Poco M3 Pro 5G Stuck Di Logo Baterai
  36. Cara Memperbaiki Samsung A03 Core
  37. Tips Service Redmi Note 8 Pro Restart Terus Menerus
  38. Tips Sebelum Melakukan Service Hp
  39. Cara Service Asus Rog Phone 5S Mati Total
  40. Cara Membuka Infinix Smart 6 Plus Lupa Akun Google
  41. Pengertian dan Manfaat IMEI Pada Smartphone
  42. Rekomendasi 4 Smart Gadget Untuk Bayi
  43. Cara Mengatasi Masalah Wireless Charging Pada iPhone
  44. Apa Itu Rooting Hp? Yuk, Kenali Lebih Dekat!
  45. Tips Service Hp Untuk Pemula Untuk Bagian Hardware
  46. Tutorial Lengkap: Memperbaiki Masalah Sinyal pada Oppo A53 2020
  47. Peralatan-Peralatan Yang Diperlukan Untuk Service HP
  48. Tutorial Mendalam: Cara Memperbaiki HP Poco X3 Pro Mati Total
  49. 6 Jenis Kerusakan Yang Paling Sering Dialami Handphone
  50. Tutorial Servis HP: Mengganti LCD Infinix Hot 10 Play
  51. Tutorial Servis HP: Mengatasi Restart pada Redmi Note 11
  52. Tutorial Servis HP: Mengatasi Redmi 9T Mati Total
Published on June 11, 2024
Last updated on July 15, 2024

If you like this post and want to support us, you can support us via buymeacoffee or trakteer.